Kenalkan Searyl, Bayi Pertama yang Tak Miliki Jenis Kelamin

1
191

Seorang bayi dari British Columbia, Kanada, diyakini menjadi anak pertama di dunia yang memiliki kartu kesehatan “U” atau tidak diketahui jenis kelaminnya.

Searyl Alti, bayi berusia delapan bulan itu memang sengaja tak diberi jenis kelamin dari dokumen hukum atas permintaan orang tuanya, Kori Doty.

Seperti dilansir Worldwideweirdnews, Jumat (7/7/2017), Doty adalah orang tua trans non-biner atau tidak mengidentifikasi sebagai pria atau perempuan. Keputusan tak biasa itu dimaksudkan agar anaknya bisa memutuskan jenis kelaminnya sendiri ketika dewasa.

Doty mengatakan jika dia tidak ingin anaknya dipaksa masuk ke dalam kotak “laki-laki” atau “perempuan” sehingga dia bisa memiliki pilihan untuk menjadi siapa yang dia inginkan.

“Ketika nanti dia besar, dia akan memberi tahu saya siapa dia sebenarnya,” kata Doty.

Doty bahkan memperjuangkan anaknya untuk memiliki akte kelahiran tanpa gender, tapi British Columbia menolak untuk mengubahnya, sehingga mereka memberikan kartu kesehatan “U” yang berarti “Undetermined” atau “Unassigned” untuk jenis kelaminnya.

Pengadilan Hak Asasi Manusia (HAM) berpendapat, bahwa gender berlaku untuk semua dokumen pemerintah, sehingga akan mengurangi kesulitan yang sering terjadi karena jenis kelamin seseorang berubah di kemudian hari.