Kisah Motor Tua yang Disembah dan Dipuja Layaknya Dewa

0
97

Bila kamu ke India, kamu akan melihat kuil hampir di seluruh penjuru dengan patung sebagai simbol dewa yang berbeda-beda. Namun ada yang aneh dengan kuil di negara bagian Rajasthan, sekitar 50 km dari kota Jodhpur, India. Dewa yang disembah adalah motor tipe Royal Enfiel 350CC.

Dilansir dari Oddity Central, kisah pemujaan terhadap motor tua itu bermula dari kecelakaan yang terjadi 30 tahun silam. Tepatnya pada 23 Desember 1988, seorang anak laki-laki bernama Om Singh Rathore sedang mengendarai sepeda motor tersebut.

Tiba-tiba motor itu oleng dan menabrak sebuah pohon. Anak laki-laki tersebut terlempar sejauh 6 meter dan meninggal di tempat. Mayat pemuda itu ditemukan keesokan harinya dan motor itu dibawa ke kantor polisi. Dari sinilah keanehan terjadi.

Kisah yang beredar di masyarakat, motor itu raib dari kantor polisi. Setelah dicari-cari, motor itu berada di lokasi terjadi kecelakaan. Polisi lalu membawa motor itu kembali. Mereka mengosongkan bensin dan memutus rantai motor tua tersebut guna keperluan penyelidikan.

Namun sekali lagi, motor itu kembali ke lokasi kejadian. Polisi menduga jika anggota keluarga korban yang membawa motor tersebut ke sana, tapi ternyata tidak. Polisi akhirnya menyerahkan motor itu kepada keluarga korban dan menghentikan kasus kecelakaan tunggal tersebut.

Singkat cerita, keluarga korban lalu menjual motor itu ke pedagang Gujarat di kota sebelah. Tak lama, motor itu lagi-lagi kembali ke lokasi kecelakaan padahal jaraknya mencapai 400 km.

Kabar cepat menyebar bagai udara. Cerita kembalinya motor ke lokasi kecelakaan berkali-kali membuat warga sekitar yakin jika motor tua tersebut dan pembalapnya yang almarhum adalah jelmaan dewa yang harus disembah. Saat itulah tetua adat membangun kuil di sekitar lokasi kecelakaan.

Kuil itu lambat laun kian ramai dikunjungi peziarah. Orang-orang datang silih berganti untuk berdoa. Kasak-kusuk menyebutkan, orang yang berdoa di sana rata-rata memperoleh hasil yang diinginkan.

Kuil sepeda motor Rajasthan menjadi sangat populer sehingga memiliki pendeta penuh waktu. Pendeta itu bertanggung jawab mengenai pemeliharaan, melakukan ritual sehari-hari, dan mengumpulkan sumbangan.

Pengunjung, kata pendeta itu, rata-rata didominasi oleh sopir taksi, bus lokal, wisatawan yang sedang berkendara di National Higway 65, Jodhpur.

“Mereka percaya bahwa Om Singh dan motor Royal Enfield akan melindungi mereka di jalan dan membawa mereka pulang dengan selamat. Aku bersumpah bahwa sejak kuil itu didirikan, kecelakaan di jalan raya menurun drastis,” ujar pendeta itu.

Meski demikian, banyak yang menganggap cerita tentang kecelakaan itu hanya dibuat-buat. Namun bagi yang mempercayainya, Om Singh Rathore dan motor Royal Enfield tercinta, menjadi semacam iman.

“Iman memiliki kekuatan yang sangat besar. Saya percaya dia melindungi orang yang mau berdoa kepadanya. Begitu juga dengan orang-orang yang datang ke sini,” tutur pendeta itu.