Berusia 50 Tahun, Mesin ATM Pertama di London Dilapisi Emas

0
96

Sebuah mesin ATM yang sudah berusia 50 tahun mendapat penghargaan dengan dilapisi emas oleh sebuah bank di London, Inggris. Selain itu, lokasi ATM yang berada di Kota Enfield itu juga dipasang karpet merah.

Sebagai peringatan munculnya mesin teller otomatis, ada sebuah gambar yang memperlihatkan aktor komedi Inggris, Reg Varney, ketika menggunakan mesin itu untuk pertama kalinya, yang juga dipasang di atas ATM emas dan juga di dinding bank.

Varney merupakan orang pertama yang menggunakan ATM tersebut, dia diminta untuk menunjukkan betapa mudahnya menggunakan mesin yang mengeluarkan uang tunai itu.

Seperti diberitakan Reuters, Rabu (28/6/2017), ATM pertama kali diluncurkan Barclays di cabangnya di Enfield, London utara, pada 27 Juni 1976. Barclays mengatakan, diciptakannya ATM menjadi salah satu peristiwa bersejarah yang mengubah cara manusia di dunia berpikir dan menggunakan uang tunai.

Ide untuk menciptakan mesin tersebut terinspirasi oleh John Shepherd-Baron yang diperintahkan pihak bank untuk menghasilkan enam alat canggih untuk mengeluarkan uang tunai. Diciptakannya mesin itu juga bedasarkan mesin penjual dan juga memungkinkan setiap orang bisa mengambil uang simpanan mereka di luar waktu jam kerja bank.