Bagaimana Rasanya Makan Daging Dinosaurus? Begini Jawaban Para Ilmuwan

0
121

Siapa yang suka makan daging angkat tangan. Daging apa yang biasanya kamu makan? Daging ayam, kambing, atau sapi? Ketiga jenis daging tersebut memang lumrah dikonsumsi masyarakat Indonesia. Tiap daging juga memiliki ciri khas dan penggemarnya masing-masing.

Seandainya dinosaurus masih hidup, barangkali kita bisa menikmati dagingnya. Kira-kira seperti apa rasanya ya? Sayang para dinosaurus telah punah jutaan tahun lalu, sehingga kamu tidak bisa mencicipinya.

Meski begitu, para ilmuwan dapat memberitahukan bagaimana rasanya makan daging dinosaurus. Penasaran?

Daging unggas itu mirip daging dinosaurus

Sebenarnya kamu tidak perlu mengkhayal terlalu jauh untuk mengetahui rasa daging binatang purba tersebut. Karena rasanya mirip dengan daging unggas. Pasalnya unggas termasuk keturunan dinosaurus yang mengalami evolusi.

Hal ini dibuktikan oleh penelitian yang dilakukan ilmuwan asal Kent Univeristy. Mereka berhasil mengungkap mikrokromoson istimewa yang ada di dalam genom burung. Di mana material ini memiliki ukuran yang lebih kecil dibanding vetebrata lain, dan hanya ditemukan pada dinosaurus. Dengan kata lain, burung adalah ‘dinosaurus’ yang masih bertahan hidup sampai hari ini.

“Hanya satu kata, jika kamu makan unggas, berarti kamu sedang makan dinosaurus,” kata Bhart-Anjan Bullar saat diwawancarai Vice melalui telepon. Bullar sendiri adalah pemimpin peneliti ‘Chickensaurus’, sebuah proyek penelitian untuk menumbuhkan moncong Velociraptor pada ayam.

Menurutnya, dari sekian banyak jenis burung, hanya burung unta yang memiliki rasa daging mirip dinosaurus. Pasalnya burung ini merupakan salah satu burung primitif tertua yang masih hidup hingga sekarang.

Sedangkan jenis dinosaurus yang bisa terbang dan meluncur, memiliki rasa yang menyerupai ayam. Contohnya Velociraptor dan Ovoraptor. Dinosaurus jenis ini merupakan yang paling layak untuk dikonsumsi manusia. Lalu bagaimana dengan jenis dinosaurus lainnya?

Rasa daging setiap dinosaurus itu berbeda-beda

bagaimana rasanya makan daging dinosaurus? begini jawaban para ilmuwan Bagaimana Rasanya Makan Daging Dinosaurus? Begini Jawaban Para Ilmuwan daging panggang 300x169

Rasa daging dinosaurus tidak bisa dilepaskan dari apa yang dimakan. Misalnya saja dinosaurus yang hidup di air dan memakan ikan. Daging dinosaurus tipe ini tidak layak dimakan, karena mengandung banyak minyak dan rasanya anyir.

Hal ini juga berlaku kepada dinosaurus pemakan daging, misalnya saja Tyranosaurus (T-Rex). Siapa sangka jika dinosaurus karnivora ini berada di pertengahan antara primata dan unggas. Sehingga sekujur tubuhnya ditumbuhi bulu.

Kamu pasti tidak menyangka hal ini, namun begitulah fakta mengenai T-Rex yang disepakati para ilmuwan sejak tahun 2000’an. Ketika mereka menemukan binatang yang termasuk tahapan evolusi T-Rex ditutupi oleh bulu. Bahkan binatang yang memiliki hubungan jauh dengan burung juga ditutupi oleh rambut halus.

Lalu seperti apa rasa dagingnya? Menurut perkiraan Bullar, rasa daging T-Rex mirip dengan aligator. Anyir dengan bau yang menjijikan. Namun dengan sentuhan sedikit rasa daging unggas.

Meski begitu, daging T-Rex sangat tidak layak dikonsumsi manusia. Ini disebabkan karena biantang purba mengonsumsi bangkai dinosaurus lain. Menurut David Pericchio, profesor paleontologi di Montana Stated University, daging T-Rex mengandung bibit penyakit.

“T-Rex memiliki rahang yang tidak normal. Di mana ini adalah pertanda jika mereka memakan daging yang busuk dan mengandung wabah penyakit. Jelas sekali (daging) memuat parasit,” katanya, seperti dikutip dari Popular Science.

Apakah ini berarti daging dinosaurus pemakan tanaman jauh lebih baik? Untuk menjawab pertanyaan ini, Bullar menyarankan kamu untuk mencoba daging iguana. Pasalnya iguana termasuk reptil herbivora, jadi rasa dagingnya tidak terlalu berbeda.

Selain makanan, aktivitas para dinosaurus juga akan menentukan jenis dagingnya. Untuk binatang purba yang beraktivitas siang hari, mereka akan memiliki daging merah. Daging jenis ini memiliki kolesterol dan lemak jenuh yang tinggi.

Sedangkan dinosaurus yang berburu di malam hari, serta mengandalkan serangan kejutan untuk menangkap mangsa, mereka akan memiliki daging putih yang memiliki kadar protein yang lebih tinggi dibanding daging merah.

Video mengenai rasa daging dinosaurus

Bagi kamu yang lebih suka nonton, kamu bisa menyaksikan video garapan SciShow berikut. Video ini akan mengupas tuntas bagaimana rasanya daging dinosaurus. Apakah seenak daging ayam dan sapi yang sering kita santap, atau malah rasanya tidak enak sama sekali?