6 Tips Mudik dengan Bayi naik Pesawat Terbang

0
92

Mudik seharusnya adalah tradisi yang asik untuk dijalani. Apalagi kalau naik pesawat dan dilakukan bersama si Kecil.

Bagi sebagian orang, mudik bersama bayi adalah momok yang cukup menakutkan. Kalau kamu salah satunya, jangan khawatir lagi karena berikut ini ada tips untuk mudik bersama bayi di pesawat.

1. Sesuaikan jadwal pesawat

Saat membawa bayi bepergian, memang banyak sekali persiapannya. Apalagi kalau mudik, yang biasanya bisa makan waktu perjalanan berjam-jam. Nah, menyesuaikan jadwal pesawat adalah satu hal yang mesti dilakukan pertama kali saat merencanakan perjalanan mudik.

Apa yang perlu disesuaikan? Tentu saja sesuaikan jadwal penerbangan dengan jam makan dan jam istirahat si kecil. Jangan lupa untuk memperhatikan kalau harus melakukan transit.

Yang paling pas adalah menyesuaikan jadwal penerbangan dengan jam tidur bayi. Dengan begitu diharapkan bayi akan tertidur sepanjang perjalanan dan terhindar dari jetlag.

2. Bandingkan harga tiket anak tiap maskapai

Beda maskapai, beda juga peraturannya. Coba deh, sebelum membeli tiket cek dan bandingkan dulu harga dari tiap maskapai.

Biasanya, sebagian besar maskapai pasti mengharuskan penumpang anak berusia di bawah dua tahun untuk duduk di pangkuan penumpang dewasa, tanpa perlu dikenakan biaya tiket. Namun, dengan ketentuan satu penumpang dewasa hanya boleh memangku satu anak.

Nah, ada maskapai yang mengharuskan bayi atau anak dikenakan tiket seharga beberapa persen dari tiket penumpang dewasa.

Bahkan, ada pula maskapai yang memberlakukan harga tiket untuk bayi atau anak-anak dengan harga yang sama dengan penumpang dewasa jika menempati tempat duduk sendiri.\

3. Ketahui jatah bagasi maskapai 

Yang namanya membawa bayi, pasti barang keperluannya akan lebih memakan tempat dan juga lebih berat.

Karenanya, sebelum membeli tiket pastikan apakah harga tiket anak termasuk jatah bagasi atau tidak. Jadi bisa memperkirakan banyaknya barang bawaan yang akan dibawa.

4. Bawa stroller terbaik

Terbaik di sini maksudnya adalah yang paling pas dan nyaman untuk bayi, serta praktis dibawa kemana pun.

6 tips mudik dengan bayi naik pesawat terbang 6 Tips Mudik dengan Bayi naik Pesawat Terbang stroller 300x202

Tentunya, stroller akan melewati scan security di bandara. Nah, pastikan kalau stroller yang dibawa akan mudah dibuka, disiapkan untuk si bayi, hingga dilipat kembali untuk dimasukkan ke dalam kabin.

5. Siapkan dokumen di tas kecil

Bayi juga pasti butuh identitas saat melakukan perjalanan menggunakan pesawat. Jangan lupa untuk membawa akta kelahirannya. Kalau melakukan perjalanan internasional bawa serta paspor dan visanya.

Siapkan dokumen tersebut di tas jinjing atau tas kecil yang selalu dibawa. Fungsinya agar mudah diraih dan disimpan kembali setiap kali melewati meja imigrasi.

6. Jangan lupa bawa camilannya

Nah, tips yang satu ini juga tidak kalah penting dengan tips lain yang telah disebutkan di atas. Sangat penting untuk membawa camilan bayi saat melakukan perjalanan, apalagi kalau ia sudah mengonsumsi makanan selain ASI dan termasuk bayi yang picky eater. Bawa camilan dalam kemasan yang praktis, kedap udara dan cairan agar tidak mudah tumpah. Jadi, mudik dengan bayi akan terasa lebih nyaman.

Semoga perjalanannya menyenangkan!