Unik, Masjid Berbentuk Kakbah Jadi Objek Wisata di Subang

0
96

Hingga kini medsos masih diramaikan dengan gambar-gambar masjid dari berbagai daerah maupun dari luar negeri. Tak terkecuali salah satu masjid unik berbentuk Kakbah ini yang berasal dari Subang, Jawa Barat

Kakbah merupakan bangunan suci yang menjadi kiblat umat Islam se-dunia. Kakbah menjadi rujukan bagi umat Islam yang hendak melaksanakan salat. Bagi umat Islam di Indonesia posisi kiblat menghadap ke arah barat. Penentuan arah kiblat kini lebih modern karena menggunakan bantuan GPS.

Kakbah memiliki ketinggian sekitar 14 meter. Pintunya berlapiskan emas murni seberat 280 kilogram. Sementara panjang kuncinya saja sektiar 40 sentimeter. Dalam kesehariannya, proses pembersihan area Masjidil Haram dilakukan oleh hampir 1900 orang pekerja.

Masjid At-Toyibah, Subang memang beda dari bentuk masjid umumnya yang memiliki kubah. Masjid ini benar-benar dibangun mirip dengan bangunan Kakbah di Masjidil Haram Mekah. Masjid ini berlokasi di Jalan Kalijati Timur, Desa Kalijati Timur, Kecamatan Kalijati, Subang, Jawa Barat.

Luasnya diperkirakan sekitar 2.800 meter persegi. Bahkan bentuk masjid ini memiliki bagian tempat hajar aswad di sudut bangunannya, tak ketinggalan juga replika Hijr Ismail. Dari warnanya pun disamakan dengan bangunan Kakbah aslinya. Bedanya masjid unik berbentuk Kakbah ini tidak ditutupi dengan kiswah atau kain penutup Kakbah melainkan dengan cat tembok dan hiasan kaligrafi indah yang mengelilingi bangunan.

Masjidil Haram bisanya sudah dipenuhi jamaah dari berbagai penjuru dunia pada 10 hari terakhir bulan Ramadan. Pada malam-malam ganjil, Masjidil Haram semakin penuh oleh para jamaah yang melakukan ibadah umrah hingga salat sunnah lainnya. Banyak yang merindukan bisa kembali melihat Kakbah. Tak heran jika saat bulan Ramadan permintaan visa Umrah biasanya sudah ditutup untuk menghindari jamaah yang membludak dari pelosok negeri.