Kakek Keliling Dunia Sendirian Pakai Perahu Buatannya Sendiri

0
75

Unik, seorang kakek dari Amerika telah melakukan petualangan mendebarkan, berkeliling dunia memakai perahu yang dibuatnya sendiri.

Pria berusia 70 tahun itu adalah Jonathan Selby. Pria ini awalnya menetap di Filipina sejak 4 tahun lalu. Kemudian ia memutuskan berlayar keliling dunia sendirian. Dengan bahan-bahan yang ia temui, ia membuat kapal. Kini ia tengah berada di Malaysia.

Dilansir dari nst.com.my, pria itu mengawali petualangannya melalui Banggi, perairan Kudat dari Palawan, sekitar dua minggu yang lalu. Dia saat ini tengah berlabuh di bawah jembatan dekat bundaran Kingfisher.

Pria yang berasal dari Philadelphia ini menjalankan misinya ke Asia. Rencananya ia akan menghabiskan sisa hidupnya dalam perjalanan. Dalam menjalankan misinya ini, Selby sering menemui pengalaman-pengalaman yang mendebarkan.

“Ada sebuah kejadian yang nyaris membunuh saya.” Saat berada di perairan Kudat yang berada dalam Zona Keamanan Sabah Timur (Esszone) ia ditangkap, karena di wilayah ini memperlakukan jam malam.

“Ada sekelompok penguasa yang menghentikan saya, mengarahkan senjatanya ke arah saya.

“Saya terkejut saat itu tapi mereka menjalankan prosedur dengan memeriksa dokumen saya. Setelah itu semuanya baik-baik saja. Mereka bahkan berfoto bersama saya,” katanya.

Laki-laki ini adalah seorang insinyur mesin. Dia pernah mengajar di komunitas Amish sebelum meninggalkan AS. Idenya untuk berkeliling dunia muncul saat melihat orang-orang di Filipina melakukannya pada tahun 2014.

Saat itu ia membantu orang-orang di sana karena Topan Yolanda (yang terjadi pada bulan November 2013, juga dikenal sebagai Topan Haiyan).

“Ketika saya melihat mereka, saya berkata, ‘Saya juga bisa tinggal di atas kapal, saya tidak butuh apartemen’.

Sejak itu ia hidup sebagai traveler. Ia akan tinggal di Malaysia sampai minggu depan. Setelahnya, ia akan menuju Thailand dan Indonesia.

Bagaimana menurutmu? Inspiratif bukan?