Studi: Permen Karet Mempercepat Pemulihan Pasca Operasi Caesar

0
98

Melahirkan dengan operasi caesar (C-section) kini banyak dipilih para wanita. Tentu dengan berbagai macam pertimbangan baik medis maupun non medis. Kita tidak akan membahas mana yang lebih baik antara melahirkan caesar atau normal, karena dua-duanya sama sakitnya.

Kali ini kita akan membahas bagaimana mempercepat pemulihan bagi ibu melahirkan yang menggunakan metode caesar.

Studi terbaru: Permen karet mempercepat pemulihan pasca caesar.

Berdasarkan analisis terhadap 17 penelitian yang dipublikasikan Journal of Maternal-Fetal & Neonatal Medicine, ibu yang baru melahirkan melalui operasi caesar dan segera mengunyah permen akan mulai mengalami pemulihan. Permen karet akan membuat proses pemulihan, terutama pada fungsi usus besar secara lebih cepat.

Meski murah dan sederhana, manfaat permen karet pasca caesar luar biasa.

Penelitian yang melibatkan lebih dari 3000 wanita ini menunjukkan bahwa mereka yang mengunyah permen karet tepat setelah melahirkan akan lebih cepat kentut (tanda fungsi gastrointestinal normal), buang air besar normal, dan mendapatkan kembali nafsu makannya. Mereka juga melaporkan tidak terlalu merasakan mual atau muntah.

Jadi jangan lupa siapkan permen karet di ‘tas melahirkan’ milikmu nanti ya!

Kamu para calon ibu harus mulai mempertimbangkan dengan baik fakta terbaru ini. Kemaslah permen karet bersama dengan perlengkapan lain yang akan kamu perlukan di rumah sakit nanti. Menurut Centers for Disease Control and Prevention hampir satu dari tuga wanita sudah melakukannya lho!