Walau Sayang, Jangan Biarkan Anjing Peliharaan Jilat Muka Anda

0
91

Anjing suka menunjukkan rasa kasih sayangnya kepada manusia. Kadang kala, mereka mengekspresikan hal tersebut dengan menjilat muka kita.

Mungkin banyak yang berpikir bahwa itu adalah hal sepele. Tapi tahukah Anda, sesungguhnya membiarkan anjing menjilat wajah Anda berpotensi membunuh.

Menurut penulis dan ahli anjing Marty Becker, hal ini dikarenakan kita tidak mengetahui apa yang anjing lakukan di belakang kita. Bisa saja, sebelumnya anjing peliharaan mengais tempat sampah, memakan makanan basi, atau hal lainnya yang melibatkan bateri.

Hal tersebut senada dengan pendapat profesor virologi dan bakteriologi di Universitas Queen Mary, John Oxford. Beliau menggambarkan bakteri yang sangat berbahaya bisa saja hidup di mulut dan moncong anjing peliharaan.

“Bukan hanya apa yang terbawa di air liur mereka. Anjing menghabiskan separuh hidup mereka dengan hidung di sudut yang tidak enak atau mencium kotoran. Hal ini membuat moncong mereka penuh dengan bakteri, virus, dan kuman dari segala jenis,” terang John seperti dikutip dari Doggiescare.

Penyakit-penyakit yang dapat terbawa di air liur anjing pun sangat beragam dan mengkhawatirkan. Sebut saja Capnocytophaga Canimorsus, yaitu organisme yang hidup di mulut anjing dan dapat menyebabkan infeksi sepsis yang sangat buruk.

Kemudian kurap dan Staphylococcus aureus juga dapat menjangkiti Anda lewat jilatan anjing di muka. Bahkan, risiko yang disebabkan penyakit-penyakit dapat lebih besar apabila yang dijilat adalah wajah bayi.