Bahaya Fluorida

0
55

Fluorida merupakan mineral yang sering diiklankan dalam berbagai jenis produk makanan maupun tapal gigi. Zat gizi mikro ini memang dibutuhkan untuk kesehatan. Namun, jika digunakan dalam jangka panjang dan berlebihan bisa menyebabkan penyakit retak panggul, kanker, infertilitas, kerusakan otak, dan penyakit alzheimer.

Di India tengah puluhan juta orang menderita artritis parah, sehingga digolongkan sebagai musibah nasional. Musibah ini disebabkan oleh air yang terkontaminasi flourida. Air itu berasal dari pengeboran sumur yang dilakukan tahun 1980-an namun tidak diuji dulu.

Setiap kali anda menggosok gigi, ada kemungkinan besar sedikit “redisu” pasta gigi yang masuk ke perut anda dan jumlah ini semakin bertambah setiap kali anda memakai pasta gigi. Jika satu sendok teh saja pasta gigi berflour bisa membunuh anak kecil, tidak menutup kemungkinan efek jangka panjang “residu” pasta gigi yang masuk ke tubuh seseorang akan sangat berbahaya untuk kesehatannya.

Pemerintah cukup tahu betapa flourida itu beracun, terutama bagi anak-anak karena tubuh mereka menyerap flourida lebih banyak di bandingkan orang dewasa.