Meski tak Tertulis, Kamu Harus Patuhi Aturan Hostel ini ?

0
42
Saat membuka situs tentang travel, tentu kamu akan sering menemukan kata “hostel”. Bukan, kata ini bukanlah salah ketik atau typo dari kata “hotel”, tapi memang benar “hostel”.

 

 

Menginap di hostel tak sama dengan di hotel. Dan ada aturan-aturan tak tertulis yang harus kamu patuhi ketika menginap di hostel. Apa saja itu?

Inilah aturan tak tertulis yang harus kamu patuhi ketika menginap di hostel:

  1. Hostel tidak sama dengan Hotel

    Jangan berharap privasi ketika menginap di hostel karena dalam satu kamar terdapat 3 hingga 10 kamar tidur berbentuk bunk bed, yang satu kamar bisa diisi belasan orang. Biasanya dipisah antara kamar laki-laki dan perempuan, tapi ada juga yang menjadi satu. Jadi, kamu harus toleransi ya.

  2. Jangan Berisik dan Membuat Gaduh

    Karena banyak orang dalam satu kamar, jangan sampai membuat gaduh. Ingat, mereka kebanyakan juga traveller dan tentunya mereka membutuhkan istirahat. Jika sudah malam dan belum mengantuk, cobalah usir kebosanan dengan hal lain misalnya membaca buku.

  3. Bersosialisasi

    Jangan menutup diri dari pergaulan, karena menginap di hostel membuatmu harus berani bersosialisasi dengan orang lain. Jika memang kamu susah untuk memulai suatu komunikasi, setidaknya kamu harus menyapa mereka atau senyum ke mereka.

  4. Jangan Menggunakan Kamar Mandi Terlalu Lama

    Kamar mandi di hostel digunakan untuk bersama, jadi jangan lakukan kebiasaan menggunakan kamar mandi lama seperti di rumah. Mandi dan keperluan kamar mandi lainnya sebaiknya dilakukan dengan cepat karena kamu tentu tidak ingin teman satu kamarmu marah gara-gara kamu mandi terlalu lama.

  5. Menyalakan Lampu ketika Semua Orang Sudah Tidur

    Ada beberapa tipe orang yang akan terganggu tidurnya ketika ia disoroti lampu. Jadi, jangan ganggu temanmu dengan menyalakan lampu ketika mereka sudah tidur. Gunakan cahaya atau senter dari ponselmu ketika masuk kamar dan lampu sudah dimatikan.

  6. Meninggalkan Kamar dalam Keadaan Berantakan

    Jangan pernah meninggalkan kamar dalam keadaan berantakan, misalnya menjemur handuk di tempat tidur, barang berserakan di tempat tidur, sampah makanan dimana-mana, hal ini tentu akan mengganggu pemandangan. Jadi usahakan rapi dan bersih agar teman yang lain ikut senang.

  7. Dengarkan Musik dengan Headset

    Tidak semua orang menyukai musik yang kamu putar. Daripada mengganggu, lebih baik dengarkan musik dengan headset

Itulah aturan yang memang tak tertulis, tapi alangkah lebih baiknya bila kamu melakukannya ketika menginap di hostel. Semoga perjalananmu menyenangkan!