Lidah Tertelan, Risiko Cedera Umum yang Bisa Mengancam Nyawa Atlet

0
46

Orang dengan pekerjaan sebagai atlet tentu tidak lepas dari risiko cedera. Yang paling umum terjadi, seperti yang pernah dialami oleh Fernando Torres bulan Maret silam. Ia dikabarkan menelan lidahnya namun berhasil diselamatkan karena pertolongan yang tepat dari lawan mainnya dipertandingan kala itu.

Selain Torres, pemain sepak bola lainnya seperti John Terry, Leher Gusev, Martin Berkovec, dan masih banyak lainnya. Sehingga kejadian lidah tertelan sudah sepatutnya mendapat perhatian.

Lidah tertelan atau ‘tongue swallowing’ adalah sebuah istilah yang digunakan ketika terjadinya penyumbatan saluran pernapasan terjadi ketika seseorang tidak sadarkan diri karena lidah. Saat kesadaran menurun, otot pada tubuh akan meregang termasuk lidah sehingga ia bisa menghalangi saluran pernapasan.

Dilansir The First Aid Show, Senin (16/10/2017), tentunya sebelum bantuan medis datang, pasien harus diberikan pertolongan agar tetap ada oksigen dalam tubuh. Sebab, ketika tiga menit tanpa oksigen, sel-sel dalam tubuh akan mulai mati.

Untuk membuka kembali jalan napas korban, kita harus melakukan intervensi fisik untuk mengangkat dan menggerakkan lidah agar tidak menyumbat saluran dengan mengangkat kepala atau dagu pasien.

Jangan heran, ketika Anda membuka jalan napas korban Anda mungkin akan mendengar suara oksigen atau gas yang keluar. Cairan, muntah, atau buih juga dapat turut keluar dari dalam tenggorokan.