8 Ilustrasi yang Bikin Kamu Paham Perbedaan Orang Pintar dan Bijak

0
4

Dalam menjalin hubungan sosial, kamu kerap kali punya pandangan sendiri terhadap berbagai orang yang dikenal. Keluarga, teman-teman, dan rekan kerja adalah beberapa di antaranya. Penilaianmu ini secara tak langsung berpengaruh pada cara kamu berinteraksi dengan mereka. Terlebih lagi saat anggapan ‘dia pintar‘ dan ‘dia bijak‘ muncul.

Kalau ada yang banyak omong dan pandai beradu argumen langsung kamu pikir ‘pintar’. Lalu, yang sering memberi saran kamu anggap ‘bijak’. Padahal, ciri pintar dan bijak itu ‘kan banyak.

Oleh karena itu, supaya kamu nggak gampang tertipu dan tak lagi langsung memberi label pada setiap orang dari penampilan dan cara berinteraksi, sebaiknya telaah dulu ulasan berikut ini. Dilansir dari laman lifehack.org, kita akan mengupas tuntas perbedaan orang pintar dan orang bijak seperti apa, agar kamu nggak gampang percaya dan bisa mengantisipasi tingkat keakraban pada setiap orang.

1. Orang pintar itu langsung cepat tanggap terhadap apapun. Sedangkan orang bijak akan berpikir dahulu sebelum melakukan

8 ilustrasi yang bikin kamu paham perbedaan orang pintar dan bijak 8 Ilustrasi yang Bikin Kamu Paham Perbedaan Orang Pintar dan Bijak hipwee wise

Salah satu hal yang sering kamu lihat pada orang pintar yaitu mereka sangat cepat tanggap. Hal apapun yang ada di sekitarnya, mereka pasti akan segera bergerak melakukan. Misalnya saja di lingkungan kerja, nah biasanya orang seperti ini cukup banyak kamu temukan. Segala hasil keputusan rapat akan langsung dikerjakan, begitupun dengan ide-ide baru dan informasi lainnya yang dimiliki.

Sedangkan orang bijak akan berpikir dahulu sebelum bertindak. Segala informasi yang dimiliki atau hasil keputusan rapat pasti akan mereka pikirkan secara matang dulu. Orang bijak nggak secepat orang pintar dalam bertindak ketika punya ide atau berinisiatif melakukan suatu hal.

2. Perbedaan lainnya dari ciri-ciri orang pintar dan bijak dilihat dari cara mereka menerima informasi

8 ilustrasi yang bikin kamu paham perbedaan orang pintar dan bijak 8 Ilustrasi yang Bikin Kamu Paham Perbedaan Orang Pintar dan Bijak hipwee wise

Kalau kamu pikir orang pintar itu kurang berperasaan, bisa jadi kamu benar. Karena dalam menyerap berbagai informasi apapun, orang pintar akan memproses informasi secara sistematis dan penuh logika. Mereka akan berpikir saat melakukan aksi A, maka aksi B, C, dan aksi selanjutnya harus terencana. Mereka bisa memulainya dari yang termudah hingga tersulit, atau sebaliknya.

Nah, lain halnya dengan orang bijak yang cukup identik dengan pribadi sensitif. Sebenarnya bukan sensitif terlalu lemah atau bawa perasaan (baper), tapi segala informasi yang didapat biasanya akan dipertimbangkan secara logika dan emosional. Apa yang dia pikirkan selalu melibatkan perasaan.

3. Orang yang senang bicara menunjukkan kalau dirinya pintar. Kalau orang bijak lebih senang yang mendengarkan

8 ilustrasi yang bikin kamu paham perbedaan orang pintar dan bijak 8 Ilustrasi yang Bikin Kamu Paham Perbedaan Orang Pintar dan Bijak hipwee wise

Seseorang mendapat label bijak karena dia banyak mendengar berbagai ungkapan dari sekitarnya. Hal ini dilakukan bukan karena terpaksa, tapi memang mereka senang akan hal itu. Mereka pun bakal memberikan komentar terkait pikiran yang diucapkan oleh orang lain.

Ciri ini tentu berbeda dengan orang pintar yang senang mengungkapkan apa saja ide dan opininya. Mereka nggak akan sungkan memperjuangkan idealismenya, walau tahu anggapannya itu merupakan minoritas di lingkungannya.

4. Saat orang pintar sangat percaya diri (PD) dengan kemampuannya, orang bijak lebih memilih stay humble

8 ilustrasi yang bikin kamu paham perbedaan orang pintar dan bijak 8 Ilustrasi yang Bikin Kamu Paham Perbedaan Orang Pintar dan Bijak hipwee wise

Orang pintar itu selalu sadar dan sangat tahu keahlian apa yang dimiliki. Ketika menggunakannya pun orang pintar 100 persen percaya diri (PD) menunjukkannya. Mereka nggak peduli terhadap anggapan orang – karena yang penting itu adalah kelebihan mereka dan mereka sangat yakin akan hal itu.

Kebalikannya, orang bijak lebih aware terhadap kelemahan yang dimiliki dan Mereka nggak sungkan untuk belajar lagi agar jadi lebih paha terhadap suatu hal. Mereka senang belajar supaya jadi pribadi yang lebih baik dari sebelumnya.

5.Orang pintar dan bijak punya kepekaan dalam hal yang berbeda

8 ilustrasi yang bikin kamu paham perbedaan orang pintar dan bijak 8 Ilustrasi yang Bikin Kamu Paham Perbedaan Orang Pintar dan Bijak wise

Orang pintar peka terhadap tren terbaru sedangkan orang bijak peka terhadap hal-hal yang bersifat halus dalam pengalaman dalam hidup mereka.

6. Orang pintar dan bijak punya cara sendiri dalam menyelesaikan masalah. Kalau kamu yang mana?

8 ilustrasi yang bikin kamu paham perbedaan orang pintar dan bijak 8 Ilustrasi yang Bikin Kamu Paham Perbedaan Orang Pintar dan Bijak hipwee wise

Punya banyak masalah akan membuat orang pintar maupun orang bijak jadi makin berkualitas – tentu dengan cara tersendiri. Biasanya, orang pintar akan menggunakan informasi yang mereka punya untuk menyelesaikan. Sedangkan, orang bijak lebih mengedepankan judgement dan intuisinya dalam menyelesaikan masalah. Yah, hal ini lagi-lagi karena orang pintar didominasi oleh logika dan cara berpikir sistemastisnya, sedangkan orang bijak lebih menuruti perasaan.

7. Rasa puas akan menyertai orang pintar saat berhasil menyelesaikan masalah. Sedangkan orang bijak sih yang penting bisa menginspirasi

8 ilustrasi yang bikin kamu paham perbedaan orang pintar dan bijak 8 Ilustrasi yang Bikin Kamu Paham Perbedaan Orang Pintar dan Bijak hipwee wise

8. Ada yang memaksakan, ada juga yang menerima perbedaan. Mana nih yang kamu rasakan?

8 ilustrasi yang bikin kamu paham perbedaan orang pintar dan bijak 8 Ilustrasi yang Bikin Kamu Paham Perbedaan Orang Pintar dan Bijak hipwee wise

Selain punya cara bicara yang baik, orang pintar itu suka gregetan kalau ada pendapat yang nggak sama. Mereka akan berusaha mempengaruhi agar pendapatnya diterima oleh sekitar. Memaksakan mungkin iya, tapi nggak sering, kok. Di sisi lain, orang bijak lebih bisa menerima perbedaan yang ada, baik dalam hal apapun. Bagi mereka, perbedaan itu sungguh indah dan tak mempermasalahkan, demi terciptanya perdamaian dan menghindari segala perdebatan.

Dari 8 perbedaan antara orang pintar dan orang bijak, kamu jadi lebih paham untuk berinteraksi dengan mereka. Kamu pun nggak tertipu lagi deh. Anyway, kamu sendiri termasuk yang mana?