Sistem Pembayaran E-Commerce (Payment Gateway)

0
9

Ketika membangun sebuah bisnis secara online atau e-commerce, Anda harus memperhatikan cara-cara yang digunakan dalam transaksi pembayaran nantinya. Tingginya tingkat persaingan dalam dunia e-commerce mengharuskan Anda menggunakan metode terbaik yang memudahkan pelanggan dalam melakukan transaksi pembayaran.

Banyaknya kegiatan e-commerce saat ini dapat memandu Anda dalam menentukan pilihan dalam perjalanan bisnis. Pikirkan mengenai cara agar pelanggan kembali membeli jasa atau produk Anda secara berulang kali. Bisa saja dengan memungkinkan pelanggan untuk membayar dengan cara yang sama seperti sebelumnya (tidak mengulang proses pembayaran dari awal) atau dengan menyediakan layanan PayPal.

Ada banyak sistem pembayaran e-commerce dengan fitur dan fungsi yang berbeda-beda. Beberapa pilihan sistem pembayaran yang paling populer saat ini yaitu PayPal, Stripe, Authorize.net, Intuit dan Worldpay.

Ketika Anda ingin melakukan pembayaran, pahamilah seperti apa cara pembayaran dan bagaimana hal itu akan sesuai dengan bisnis yang Anda jalankan.

1. Keuntungan Pembayaran Dengan Kartu Kredit Secara Online

  • Pelanggan bisa melakukan pembayaran dengan menggunakan kartu kredit
  • Persiapan pembayaran mudah dan cepat, pembayaran terjadi langsung saat penjualan
  • Pembayaran dengan menggunakan kartu kredit lebih aman dibandingkan dengan tunai
  • Transaksi debit maupun kredit berlangsung transparan
  • Anda bisa menerima pelanggan global dari manapun

sistem pembayaran e-commerce (payment gateway) Sistem Pembayaran E-Commerce (Payment Gateway) ecommerce online trade 300x200

2. Kepentingan E-Commerce

Jaringan internet memiliki dampak yang besar pada bisnis perdagangan dan cara pelanggan berbelanja. Buktinya saja, pembayaran secara online menghasilkan 10 persen PDB tahunan negara Inggris dengan terus bertumbuhnya kegiatan perdagangan online secara konsisten dari tahun ke tahun.

Ada tiga hal yang Anda perlukan dalam menerima pembayaran online :

  • Website e-commerce
  • Akun Penjualan
  • Sistem Pembayaran

sistem pembayaran e-commerce (payment gateway) Sistem Pembayaran E-Commerce (Payment Gateway) online business 1 300x256

3. Website E-Commerce Anda

Pelajari kunci utama dari website e-commerce besar, seperti navigasi yang sederhana dan Call to Action yang jelas sebelum memulai rencana jangka panjang Anda.

Selain gambar dan teks yang diperlukan dalam website, keputusan mengenai penggunaan platform hosting dan fungsi pembayaran adalah hal yang penting karena akan berdampak pada rencana proyeksi pertumbuhan bisnis Anda.

Memilih web hosting mungkin terlihat merepotkan tapi semua itu tergantung dari jenis website yang Anda butuhkan :

1. Free Static

Ini adalah solusi hosting website yang paling efektif. Cepatnya proses loading halaman menandakan website siap untuk kegiatan e-commerce. Biasanya, hosting website Anda merupakan paket lengkap yang didapatkan dengan cara pra bayar dari seorang desainer website.

2. Open Source

Banyak paltform Open Source yang bisa digunakan secara gratis untuk mengembangkan website e-commerce. Mulai dari platform sederhana seperti WooCommerce yang merupakan bagian dari WordPress , sampai OpenCart, PrestaShop atau Drupal. Namun pilihan ini mengharuskan Anda mempekerjakan seorang web developer atau agensi jasa website. Mereka yang akan merancang dan mengurus perkembangan website Anda. Namun hal itu tak perlu dilakukan jika memang Anda mampu mengurus semua aspek kebutuhan website secara mandiri.

3. Custom Made

Sebuah website yang dirancang dengan cara dipesan secara khusus terlebih dahulu biasanya digunakan pada bisnis dengan skala besar. Website akan dipesan lebih dahulu dan dikembangkan oleh agensi website mulai dari awal. Hal ini berarti website Anda dibuat dengan persyaratan yang tepat dan sesuai dengan keinginan Anda.Tentunya website jenis ini akan membutuhkan dana dan waktu untuk pengembangan yang lebih.

4. Apa Yang Dimaksud Dengan Payment Gateway ?

sistem pembayaran e-commerce (payment gateway) Sistem Pembayaran E-Commerce (Payment Gateway) jenis ecommerce 300x193

Payment gateway adalah penyedia layanan aplikasi e-commerce yang mengotorisasi kartu kredit dan debit dalam pembayaran pada bisnis online. Payment gateway merupakan saluran yang aman antara website e-commerce dengan merchant bank Anda. Gerbang pembayaran ini akan melindungi rincian kartu kredit dan debit pelanggan serta memastikan keamanan informasi tersebut.

Cara kerja payment gateway :

  • Pelanggan ada pada website e-commerce Anda dan memutuskan untuk membeli suatu produk atau jasa
  • Informasi mengenai transaksi disampaikan pada koneksi sumber payment gateway
  • Payment Gateway lalu meneruskan informasi tersebut ke prosesor pembayaran bank Anda
  • Prosesor pembayaran meneruskan informasi transaksi ke asosiasi yang menjelaskan kartu yang digunakan adalah jenis Mastercard atau Visa
  • Selanjutnya bank terkait akan menerima permintaan ini dan mengirimkan balasan ke prosesor dengan kode khusus (di sini akan terlihat apakah transaksi tersebut berhasil atau gagal)
  • Prosesor pembayaran akan mengirimkan pesan itu ke payment gateway, kemudian akan diteruskan ke website Anda serta pemegang kartu

Ada beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari penggunaan payment gateway dibandingkan dengan metode lainnya, yakni :

  • Lebih cepat dan mudah daripada proses memeriksa pembayaran manual untuk kartu kredit
  • Lebih aman daripada pengolahan manual kartu kredit
  • Pelanggan tidak perlu membuka website Anda dan website pihak ketiga untuk melakukan transaksi

Berbagai Channel Pembayaran

Terdapat empat payment gateway yang paling populer di Indonesia :

FinPay

Finpay adalah salah satu produk anak perusahaan Telkom Indonesia yang merupakan platform pembayaran online. Menurut Daily Social, FinPay atau Finnet Payment Gateway diluncurkan pada 30 Mei 2012 di Jakarta.

Hingga saat ini, FinPay sudah bekerja sama dengan banyak bank di Indonesia serta sistem online payment gateway yang berhubungan dengan kartu kredit seperti VISA dan MasterCard. Karena merupakan bagian dari Telkom Indonesia, pembayaran melalui ATM dan internet banking akan muncul dalam tagihan telepon pelanggan Telkom.

Di samping telah bekerja sama dengan bank besar serta payment gateway kartu kredit, FinPay juga telah berkolaborasi dengan website e-commerce besar seperti LivingSocial, Plasa.com, AppsFoundry dan beberapa anak perusahaan Telkom Group, Telkomsel dan TelkomVision.

IPaymu

Ipaymu adalah metode pembayaran online yang berfungsi untuk memudahkan pengguna untuk bertransaksi menggunakan layanan Internet. Dengan Ipaymu, Anda dapat melakukan pembayaran untuk produk, belanja online, sumbangan, produk berlangganan, pengiriman uang, dan penarikan uang.

IPaymu memiliki alat yang diintegrasikan ke dalam lingkup e-commerce yang Anda butuhkan sebagai alat pembayaran online, kartu debit, kartu kredit, dan bahkan pengiriman serta penarikan uang.

Ipaymu menyediakan produk yang merupakan integrasi dari tiga bisnis terpisah menjadi satu perusahaan, yakni solusi bisnis e-commerce, payment gateways, dan layanan merchant. Misi dari iPaymu adalah untuk menyediakan solusi total bagi layanan merchant dan pengolahan pembayaran online.

Veritrans

Sebagai langkah awal, integrasikan online shop Anda dengan Veritrans untuk menerima berbagai channel pembayaran. Misalnya seperti kartu kredit dan debit, Mandiri Clickpay, CIMB Clicks, BCA Klikpay, XL Tunai, T-Cash, bank transfer dan pembayaran melalui minimarket.

Anda dapat berintegrasi ke Veritrans melalui VT-Web, VT-Direct, dan VT-Link, sehingga Anda dapat menyesuaikan dengan kebutuhan online shop Anda. Selain itu, VT-Direct juga memiliki fitur tambahan untuk metode pembayaran dengan kartu kredit, yaitu:

  • Pre-Authorization & Capture
  • Cicilan/Installment
  • BIN Promo
  • One Click
  • Two Clicks
  • Transaksi Point

VT-Direct juga menawarkan beberapa fitur untuk charge, antara lain:

  • Set Custom Field
  • Set Custom Expiration

Doku

Doku menyediakan jasa pemrosesan pembayaran online melalui aplikasi online. Platform ini mengaktifkan kegiatan e-commerce dari pedagang untuk menerima berbagai macam pilihan pembayaran online. Doku sudah terhubung langsung dengan jarisngan prosesor pembayaran besar untuk melayani klien mereka.

Selain itu, Doku juga meningkatkan kinerja mereka dengan melengkapi fitur manajemen resikok untuk mengatasi kemungkinan terjadinya kompleksitas dan risiko transaksi online. Sejak tahun 2007, Doku memiliki penilaian bagus dalam kegiatan merancang, mengintegrasikan dan mengoptimalkan sistem transaksi perdagangan untuk pedagang lokal dan internasional dalam berbagai industri.

Saat ini Doku sudah bekerja sama dengan lebih dari 800 platform bisnis di Indonesia termasuk Garuda Indonesia, AirAsia, Guvera, Unicef, WWF, Java Jazz Production, RajaKarcis, Mulia Hotel, dan Bank of South Pacific.

5. Apa Yang Dimaksud Dengan Merchant Account ?

Sebuah Merchant Account memungkinkan Anda untuk menerima pembayaran kartu melalui saluran yang berbeda, baik di toko fisik atau melalui situs e-commerce. Jenis Merchant Account Anda harus tergantung pada seperti apa Anda dalam menjalankan bisnis. Jika Anda beroperasi secara online maka harus memiliki akun e-commerce.

sistem pembayaran e-commerce (payment gateway) Sistem Pembayaran E-Commerce (Payment Gateway) payment gateway 300x200

Biaya yang dibebankan, serta persiapan dan penjalanan Merchant Account bervariasi sesuai dengan bank yang digunakan. Pada awalnya mungkin Anda akan kesulitan untuk mendapatkan Merchant Account, namun jika website Anda sudah siap untuk melakukan pembayaran, maka seharusnya Anda tidak akan menemukan banyak hambatan.

6. Penipuan Online

sistem pembayaran e-commerce (payment gateway) Sistem Pembayaran E-Commerce (Payment Gateway) crime 300x167

Dalam menjalankan bisnis, baik itu secara online, offline atau keduanya, masalah keamanan harus menjadi perhatian utama Anda. Setiap pebisnis harus menghadapi resiko penipuan yang berujung pada penolakan pelanggan dalam menggunakan jasa atau membeli produk Anda. Pelanggan akan pergi jika mengetahui proses pembayaran dalam website atau bisnis Anda tidak aman.

Ada beragam tingkat perlindungan penipuan yang bisa Anda pilih. Ukuran bisnis Anda akan mempengaruhi seberapa besar tingkat perlindungan penipuan yang dibutuhkan. Banyak penyedia layanan pembayaran yang menyediakan jasanya termasuk alat perlindungan penipuan yang standar, namun banyak juga yang belum menyediakan alat tersebut.

Pada dasarnya, alat perlindungan yang Anda miliki harus memiliki tiga alat pelacakan ini :

  • Address Verification System (AVS). Disinilah rincian tagihan pelanggan diperiksa terhadap alamat kartu yang terdaftar
  • Card Security Code (CV2). Ketika pelanggan diminta untuk memasukkan tiga digit terakhir pada bagian belakang kartu debit atau kredit
  • 3D Secure. Password, dibuat oleh pengguna yang juga dapat mengotorisasi pembayaran.

PCI DSS

Jika Anda akan menyediakan pembayaran dengan menggunakan kartu secara online, maka Anda harus memperhatikan Payment Card Industry Data Security Standards (PCI DSS) atau Standar Keamanan Data Kartu Pembayaran. Seluruh bisnis kecil ataupun besar harus mematuhi hal ini untuk memastikan bahwa data pemegang kartu selalu dienkripsi dan dilindungi.

Enkripsi adalah istilah umum yang mengacu pada tindakan penyandian dat , dalam konteks ini sehingga data tersebut dapat ditransmisikanSeperti yang diutarakan oleh Profesor Lawrence Lessig dari Stanford Law School, “Ini mungkin akan terdengar sangat berlebihan tapi kurang lebih seperti ini: teknologi enkripsi adalah terobosan teknologi yang paling penting selama seribu tahun terakhir.”

Karena PCI DSS bukan merupakan persyaratan hukum, maka cara terbaik dalam mematuhinya adalah dengan menyesuaikan pada level kepentingan sesuai dengan bisnis Anda. Jika Anda masih pemula maka Anda tidak harus memenuhi PCI DSS tingkat tinggi. Hal ini akan terus berkembang seiring bertumbuhnya bisnis Anda. secara aman melalui Internet.

SSL

SSL, atau Secure Sockets Layer, adalah jenis teknologi keamanan yang digunakan untuk membangun link yang dienkripsi antara server dan klien, misalnya antara website dan browser. Data yang biasanya dikirim antara browser dan server website adalah data teks biasa yang tidak dilindungi dari penipu dan mudah diakses.
Teknologi SSL aman untuk mengirimkan informasi tersebut, termasuk nomor kartu kredit dan debit, login dan pasword, atau bahkan nomor jaminan sosial.

Fitur yang bisa Anda temukan pada SSL (tergantung biaya) :

  • Jaminan
  • Enkripsi bit
  • Kompatibilitas browser
  • Scanning malware
  • Segel verifikasi
  • Dukungan IDN

Sebagai tambahan, video dari PinnacleCart ini juga menjelaskan bagaimana cara kerja sistem pembayaran e-commerce dengan sederhana :