Sejumlah Negara Minta Orangtua Waspadai Momo Challenge di WhatsApp

0
27

Momo challenge, tantangan baru yang sedang viral di sejumlah negara sedang jadi sorotan. Momo adalah nama dari sebuah akun media sosial yang muncul di WhatsApp, Facebook, dan YouTube. Dilansir dari The Sun, polisi di berbagai negara, seperti Meksiko, Argentina, AS, Prancis, dan Jerman sudah mengecam Momo yang dianggap mirip Blue Whale challenge yang dilaporkan memakan 130 korban bunuh diri di Rusia.

Momo challenge bermula di Facebook di mana sejumlah anggotanya berkomunikasi dengan nomor tak dikenal. Mereka yang pernah memainkannya melaporkan, Momo akan mengirimkan gambar dan permainan kekerasan dan mengancam jika si pemain menolak melakukan instruksi pada game tersebut.

Foto profilm yang digunakan Momo adalah gambar seorang wanita dengan wajah aneh, mata superbesar, yang merupakan karya seorang seniman asal Jepang, Midori Hayashi. Namun, seniman dan karyanya itu dipastikan tidak ada hubungannya dengan game membahayakan ini.

Polisi Argentina mengaitkan game ini dengan kematian bocah berusia 12 tahun yang mengakhiri hidupnya. Pihak kepolisian pun meminta orangtua waspada, sebab Momo challenge mengincar remaja yang membalas pesan-pesan mereka di platform terkait.
Kepada BBC News Portugis, Rodrigo Nejm of Brazil dari NGO Safenet mengatakan, sebenarnya belum bisa dipastikan seberapa luas game ini sudah tersebar. Namun, diduga, ini adalah salah satu bentuk pancingan yang digunakan kriminal untuk mencuri data dan memeras seseorang di internet.

Seorang YouTuber, ReignBot, menambahkan, sulit untuk melacak Momo di WhatsApp, sebab dia terkoneksi setidaknya dengan tiga nomor telepon dari Jepang, Kolumbia, dan Meksiko. Siapapun yang mencoba menghubunginya, tak mendapat respons apapun.

“Jangan ikut-ikutan Momo! Jika kalian merekam nomor itu pada kalendermu, kamu akan melihat wajah aneh seorang wanita. Ini adalah sesuatu yang sedang viral di kalangan WhatsApp para remaja,” kata kesatuan polisi di Spanyol.