Cerita Dua Pasien Kena Meningitis Gara-gara Makan Lipan Mentah

0
5

Cerita Dua Pasien Kena Meningitis Gara-gara Makan Lipan Mentah

Lipan adalah serangga berbisa dengan banyak kaki yang mungkin bisa membuat sebagian orang bergidik ketakutan. Namun perlu diketahui bahwa di beberapa tempat hewan ini dianggap juga sebagai makanan ringan atau obat.

Nah terkait hal tersebut laporan terbaru di American Journal of Tropical Medicine and Hygiene menyebut ada dua orang pasien dilarikan ke rumah sakit setelah makan lipan mentah. Keduanya adalah pasangan orang tua-anak dari China yang membeli lipan tersebut di pasar Guangzhou.

Pasien mengeluh sakit kepala dan leher kaku, setelah diperiksa ternyata penyebabnya adalah infeksi parasit Angiostrongylus cantonensis. Ahli penyakit infeksi Heather Stockdale mengatakan bahwa parasit ini bisa berakhir di tubuh manusia lewat konsumsi makanan atau minuman yang terkontaminasi.

Manusia bukan inang ideal A. cantonensis sehingga parasit bisa tersasar berakhir ke berbagai organ di dalam tubuh. “Ketika parasit sampai ke otak, kamu bisa mengalami apa yang disebut eosinophilic meningitis,” ujar Heather seperti dikutip dari CNN, Senin (6/8/2018).

Salah satu dokter yang terlibat dalam kasus, dr Lingli Lu dari RS Zhujiang menyebut bahwa pasien percaya bahwa makan lipan mentah baik untuk kesehatan. Oleh sebab itu ia membeli beberapa ekor dan memberi sebagian untuk dikonsumsi ibunya.

Beruntung setelah 15 hari dirawat di rumah sakit dan diberi obat antiparasit kedua pasien bisa pulih kembali ke rumah.

“Sepengetahuan kami ini adalah kasus pertama A. cantonensis akibat makan lipan,” kata dr Lingli.